MAHASISWA dan ORGANISASI

11:00:00 AM Menteri Kominfo BEM FKH UA 0 Comments


Organisasi yang ada di tengah-tengah mahasiswa, ormawa (organisasi mahasiswa) saat ini sedikit banyak dapat membantu proses perkuliahan. Ormawa yang banyak bermunculan di fakultas-fakultas khususnya, sangat relevan dengan apa yang sedang dipelajari di bangku perkuliahan. Melaluinya, kita dapat secara langsung mengasah dan mengaplikasikan kompetensi-kompetensi yang ada, seperti keprofesian, leadership, dan time management.
Namun, seiring berkembangnya ormawa, tidak banyak mahasiswa yang menyadari akan pentingnya berorganisasi. Kurangnya kesadaran tersebut didasari pada ketakutan para mahasiswa akan manajemen waktu. Kebanyakan dari mahasiswa takut akan kesibukkan yang dihadapi apabila mengikuti kegiatan di luar perkuliahan, yang nantinya akan berdampak pada turunnya nilai mereka. Bahkan, apabila di universitas kita tercinta ini tidak ada sistem penilaian SKP yang diterapkan di setiap kegiatannya, bukannya tidak mungkin akan semakin sedikit minat dari mahasiswa untuk bergabung di ormawa.
Padahal jika dilihat dari sisi positifnya, akan banyak manfaat yang didapatkan dengan mengikuti berbagai organisasi. Seperti, menambah khazanah pengetahuan dan kemampuan berprofesi, melatih kepemimpinan diri, membiasakan untuk mengatur waktu dengan baik, proporsi yang berimbang digunakan secara optimal antara waktu untuk berorganisasi maupun untuk belajar, dll. Bahkan tidak sedikit pula aktivis organisasi yang berprestasi dalam kuliahnya.
Kunci untuk dapat meraih sukses dalam berorganisasi dengan tidak mengesampingkan study adalah dengan time management yang baik, yang telah disinggung sebelumnya. Menjadikan seseorang sebagai sosok panutan yang baik tidak ada salahnya untuk sedikit “mencuri” caranya atau langsung meminta advice-nya. Yang terpenting dari semua itu adalah, adanya rasa tanggung jawab yang siap diemban untuk setiap keputusan yang diambil.(kbf)

You Might Also Like

0 komentar: